2.6.12

Talbis Iblis

Perangkap Iblis

Judul: Talbis Iblis
Penulis: Ibnul Jauzi
Penerbit: Pustaka Al Kautsar

Buku ini, yang judul Arabnya TALBIS IBLIS, merupakan salah satu buku warisan peninggalan semenjak abad ke-5 Hijriyah, yang bisa diibaratkan pundi-pundi yang berisi permata bernilai tinggi, hasil goresan tangan ulama ternama, Ibnul Jauzy Al-Baghdady.

Buku ini cukup ternama. Hal ini tidak bisa dipungkiri, sekalipun mungkin hanya sebatas di pendengaran dan sekalipun di kalangan ulama sendiri.

Kalau boleh diibaratkan obat, maka buku ini termasuk obat yang pahit rasanya, tapi sangat manjur khasiatnya. Tidak ada satupun kelompok umat yang lolos dari sasaran perhatian penulis. Yang sakit diobati agar sembuh dan yang sehat dihimbau agar menjaga kesehatannya, sehingga semua umat Islam tidak terasuki berbagai macam virus yang disisipkan Iblis dan para pengikutnya yaitu Setan dari jenis jin dan manusia, sebab dalam menggoda manusia, Iblis tidak pandang bulu, apakah dia ulama atau orang awam, kiai atau santri, qori atau mustami, ahli ibadah atau orang yang mengamalkan Islam ala kadarnya. Inilah yang hendak ditekankan penulis, agar setiap muslim mawas diri dari perangkap setan, dengan berbagai macam kiatnya...

Sebagian dari buku Talbiis Ibliis ini membahas tentang:

Celaan terhadap bid'ah dan ahli bid'ah, tipu daya Iblis dalam masalah akidah (keyakinan), tipu daya Iblis terhadap orang-orang sufi, tipu daya Iblis terhadap orang-orang yang mengaku mendapat karamah dan tipu daya Iblis terhadap manusia secara umum berupa panjang angan-angan (yang muluk-muluk)!


Highlight
  • Tidak seorangpun yang luput..!
  • Iblis berkata kepada Rabbnya, "Dengan keagungan dan kebesaran-Mu, aku tidak akan berhenti menyesatkan bani Adam selama mereka masih bernyawa." Lalu Allah berfirman, "Dengan keagungan dan kebesaran-Ku, Aku tidak akan berhenti mengampuni mereka selama mereka meminta ampun (beristighfar, bertaubat)" (HR Ahmad). 
  • "Dia (Allah) ingin menjadikan godaan yang ditimbulkan syetan itu sebagai cobaan bagi orang-orang yang dalam hatinya ada penyakit dan orang yang berhati keras. Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu, benar-benar dalam permusuhan yang sangat, dan agar orang-orang yang telah diberi ilmu, meyakini bahwa (al-Quran) itu adalah benar dari Tuhan-mu lalu mereka beriman dan hati mereka tunduk kepadanya. Dan sungguh, Allah adalah Pemberi Petunjuk bagi orang-orang yang beriman kepada jalan yang lurus." (Al-Hajj 53-54)
  • Kelemahan Iblis?
    1. Tidak berdaya terhadap orang yang ikhlash (Al-Hijr 39-40)
    2. Menyingkir dari orang yang selalu berpegang teguh dengan pengajaran Allah (Al Quran & As Sunnah). (Az-Zukhruf 36)
    3. Takut menghadapi orang yang berilmu (HR At-Turmudzi)
    4. Lari dari rumah yang dibacakan Surat Al-Baqarah (HR Bukhari)
    5. Lari dari suara adzan (HR Muslim)
    6. Menangis dan pergi ketika melihat orang yang bersujud kepada Allah (HR Muslim)
    7. ...
  • "Sungguh, syaitan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal pada Allah. Pengaruhnya hanyalah terhadap orang yang menjadikannya pemimpin dan terhadap orang yang mempersekutukannya dengan Allah" (An-Nahl 99-100)  
  • Ikhlash & tawakkal adalah senjata dan jalan keluar! 
  • "Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut, sebab itu perangilah kawan-kawan syaitan itu, karena sesungguhnya tipu daya syaitan itu adalah lemah" (An Nisaa' 76) 
__ooOoo__ 


Buku yang sebaiknya (juga) Anda tahu...


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar